Suaka Margasatwa Kerumutan

Suaka Margasatwa Kerumutan terletak di Desa Kerumutan, lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari Pangkalan Kerinci selama lebih kurang 2 jam perjalanan melalui jalan tanah berbatu. Dari Pekanbaru dapat ditempuh dari Desa Pangkalan Kopan dengan waktu selama lebih kurang 4 jam. 

Lokasi ini juga dapat ditempuh dengan kendaraan air yaitu menggunakan speed boat atau perahu motor dari desa Teluk Meranti dengan cara menyusuri sungai kerumutan. Sungai Kerumutan ini membujur dari Barat ke Timur dan selalu banyak burung yang bermain dan mencari makan di sana.
Bagi peselancar yang telah selesai bermain di gelombang bono, dapat melanjutkan aktifitas wisata dengan cara menyusuri sunga kerumutan dan melihat pemandangan alam di sepanjang sungai yang sangat mempesona. Kita akan disuguhi dengan deretan flora tropikal yang beragam dan fauna yang bermacam-macam. Berbagai macam burung dan primata dapat dijumpai di sepanjang sungai. Di tengah perjalanan kita kerap menjumpai rumah rakit, tempat masyarakat lokal atau nelayan memproses ikan salai hasil tangkapannya. Kita dapat singgah di rumah rakit ini untuk sekedar melihat juga dapat membeli ikan salai dari nelayan lokal. 
Luas hutan ± 93.222.20 Ha merupakan hutan perawan yang ditumbuhi aneka macam pepohonan dan hewan yang dilindungi diantaranya:
Flora:
-       Meranti (Shorea sp)
-      Punak (Tetrameriota glabra mig)
-      Perupuk (Solena permum javanicum)
-       Nipah (Nypa fructicons)
-       Rengas (Gluta rengas)
-       Pandan (Pandanus sp), dll
              Fauna:
-      Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatraensis)
-       Harimau Dahan (Neovoles nebulosa)
-       Beruang madu (Helarctos malayanus)
-       Enggang (Buceros rhinoceros)
-       Monyet (Mocacafa scicularis)
-       Kuntul putih (Egretta intermedia)
-       Ikan arwana (Slhleropoges formasus)
-       Oma (Hylobutes moloch)
-       Itik liar (Cairina scutulata)


   Tip perjalanan: Dari Pekanbaru dan sekitarnya, lebih baik menggunakan mobil rental langsung ke lokasi menggunakan jalan darat. Mobil travel tersedia di Pangkalan Kerinci ke Teluk Meranti setiap hari sekali. Sementara dari Teluk Meranti dapat menggunakan speed boat sewa atau perahu motor sewa menuju Tasik Besar Serkap dan Hutan Suaka Margasatwa Kerumutan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar