Wisata di Kecamatan Bandar Petalangan


Kecamatan Bandar Petalangan merupakan kecamatan pemekaran dari Kecamatan Bunut. Hanya ada beberapa lokasi yang dapat dikunjungi di kecamatan ini. Namun, sebagaimana kecamatan lainnya di Kabupaten Pelalawan, di sini juga kaya denga aktifitas seni dan budaya. Prosesi Badewo, permainan Lukah Gilo, Menumbai Madu, Prosesi Menjerat Rusa, dan memikat Denak (ayam hutan) juga sama-sama bida dijumpai dan sangat familiar dengan aktifitas masyaraktnya.

Ketika memasuki daerah Kecamatan Bandar Petalangan, tepatnya di desa Sialang Bungkuk pengunjung dapat mendatangi dan menyaksikan Pohon Sialang yaitu pohon tempat lebah membuat sarang dan menghasilkan madu hutan alami. Tidak seperti pohon-pohon sialang lainnya, di
kecamatan ini terdapat dua batang pohon sialang yang dipenuhi oleh sarang lebah dan terletak ditepi jalan menuju desa Lubuk Raja. Sehingga pengunjung daoat dengan mudah mencapainya dan menyaksikan bentuk pohon dan keadaaan sekitarnya. Jika beruntung, pada saat panen madu sialang, pengunjung juga dapat menyaksikan posesi Menumbai madu Sialang di lokasi ini.
Dengan menyusuri jalan darat yang beraspal, davi lokasi pohon sialang ini, pengunjung dapat menjumpai Makam Datuk Panjang Lutut, di Deşa Lubuk Raja. Makam ini memiliki bangunan sederhana, namun tetap membuat hal ini berbeda dari makam lainnya. Hal ini dikarenakan makam ini dianggap sebuah makam yang mempunyai keramat menurut anggapan masyarakat setempat. Datuk Panjang Lutut oleh masyarakat setempat dianggap istimewa karena memiliki kaki yang panjang, sehingga jika beliau düdük dan mengangkat kaki, lututnya berada diatas kepala. Lokasi makam ini berdekatan dengan jalan yang melintasi deşa hingga ke Jalan Lintas Timur.
Sembari berjalan-jalan ke Kecamatan Petalangan, pengunjung dapat menyaksikan langsung cara pembuatan kerajinan tembikar dan anyaman yang dilakukan oleh masyrakat di daerah ini. Lokasinya dapat diakses dengan mudah dari ibukota kecamatan dan tidak begitu jauh. Beberapa hasil anyaman dan tembikar terpajang di ruang kerja. Sebahagiaan merupakan tempahan pembeli dan sebahagian lain merupakan porduksi rutin yang akan dipasarkan secara keliling. Pengnjung dapat membeli dan menempah berbagai peralatan dan hiasan dari kerajian tembikar dan anyaman ini dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasaran di toko atau pusat perbelanjaan lainnya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar