Destinasi di Kecamatan Kuala Kampar



Kecamatan Kuala Kampar terletak di ujung paling timur Kabupaten Pelalawan. Merupakan gerbang masuk lewat perang dari Provinsi kepulauan Riau dan negara tetangga (Singapura dan Malaysia). Kondisi geografis yang berdekatan dengan Provinsi Kepulauan Riau dan negara tetangga yang berumpun (suku Melayu) membuat Kecamatan Kuala Kampar sangat kental dengan tradisi melayu nya terutama pada seni yang berkembang pada masyarakat tempatan seperti tari zapin, joget, kompang, silat, dan lain-lain. Kecamatan Kuala Kampar juga merupakan sentra produksi padi dan kebun kelapa di Kabupaten Pelalawan.
  • Desa Teluk
Desa ini berjarak ± 7 km dari Teluk Dalam (Ibukota Kecamatan). Sebagai desa dihuni oleh masyarakat suku asli (suku laut) yang terkenal dengan tradisi “Joget Lambak” nya, disini kita juga dapat melihat atraksi budaya suku laut lainnya yang cukup unik seperti “begendong” prosesi pengobatan tradisional serta dapat melihat lebih dekat aktivitas sehari-hari suku laut.
Desa Teluk Dalam Desa Teluk Dalam
  • Event Wisata Lomba Perahu Layar dan Jung Katil
Sebagai ibukota kecamatan yang berada di pinggiran pantai, Pulau Penyalai tidak terlepas dari aktivitas masyarakat tempatan yang dipengaruhi oleh perairan dan laut. Maka setiap bulan Mei kita dapat menyaksikan event wisata lomba perahu layar dan jung katil. Jung katil adalah jenis perahu layar mini tanpa awak yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dilayarkan dengan menggunakan angin dan kemudi sebagai pengendali arah untuk perahu bergerak. Disini dituntut kepiawaian si pemilik dalam menentukan kemenangan lomba, terutama pada desain kemudi perahu, sehingga perahu dapat melaju secara sempurna ke garis finish. Disaat angin kencang, kecepatan jung katil mampu mencapai 80 km/jam.
Sedangkan perahu layar merupakan sejenis perahu yang menggunakan layar dan menggunakan awak 4 sampai 5 orang. Setiap tahunnya event ini diikuti oleh kabupaten tetangga seperti, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bengkalis, Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Pelalawan sendiri.
Jung Katil Jung Katil Jung Katil
  • Makam Panjang (Sutan Paminggie)
Makam Panjang atau yang dikenal juga sebagai Makam Sutan Paminggie terletak di tepi sungai Kampar Desa Serapung, Kecamatan Kuala Kampar. Berdasarkan survei yang dilakukan, makam ini adalah makam Datuk Paminggie. Makam ini merupakan makam yang ditua dan kerap dikunjungi oleh penziarah lokal maupun luar daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar