Wisata di Kecamatan Pangkalan Lesung


      Kecamatan Pangkalan Lesung dapat dicapai sekitar 15 menit perjalanan dari Sorek Satu, dengan jarak 20 km. Di kecamatan ini terdapat objek wisata Tugu Equator dan juga Sumber Air Panas.
  • Tugu Equator


Sekitar ± 56 km dari Pangkalan Kerinci menelusuri Jalan Lintas Timur, tepatnya di Dusun Tua, kita akan menjumpai Lintasan Khatulistiwa (Equator).
Daerah Lintasan Equator ini pertama kali ditemukan oleh Bangsa Belanda, pada saat itu dibuat tanda berbentuk besi melingkar merupakan gerbang yang sekaligus menghubungkan dua desa yaitu Desa (Dusun) Tua di sisi timur jalan dan Desa Pangkalan Lesung di sisi barat jalan. Pada saat ini besi tersebut telah diganti dengan bangunan berbentuk tugu. Disekitar tugu dibangun taman dan rumah yang berfungsi untuk peristirahatan/melepas lelah bagi wisatawan sambil menikmati segarnya madu lebah asli yang selalu tersedia disana.
  • Sumber Air Panas
Tidak jauh dari Tugu Equator atau ± 7 km ke arah barat di Desa Pangkalan Lesung dapat ditemui sumber air panas yang belum tergarap dan terkelola secara layak. Untuk saat ini objek tersebut telah dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat melalui jalan pengerasan (berbatu). Sumber air panas ini juga berkhasiat sebagai obat penyembuh bagi mereka yang menderita penyakit kulit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar