Wisata di Kecamatan Ukui


Taman Nasional Tesso Nilo
Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo adalah blok hutan dataran rendah yang masih tersisa di Pulau Sumatera, luas kawasan Taman Nasional Tesso Nilo sekitar 83.068 hektar. Kawasan Hutan Tesso Nilo dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi baik flora maupun fauna. Berdasarkan penelitian Andi Glison (tahun 2001) yang menemukan bahwa Tesso Nilo memiliki 218 jenis tumbuhan vascular (berpembuluh) dalam petakan 200 tiap m2. Dengan jumlah ini Tesso Nilo merupakan kawasan hutan yang memiliki tingkat keanekaragaman tumbuhan tertinggi dibandingkan dengan hutan daratan rendah lainnya di dunia.

Sementara itu penlitian LPI (tahun 2003) membuktikan kawasan ini memiliki 114 jenis burung, 3 jenis primata, 15 jenis reptil, 50 jenis ikan dan 82 tumbuhan obat-obatan. Tesso Nilo merupakan benteng terakhir gajah Sumatera dimana sekitar 200 ekor gajah mendiami kawasan hutan ini. Kawasan ini juga merupakan habitat potensial bagi harimau Sumatera yang terancam punah. Di Taman Nasional Tesso Nilo kita bisa menaiki gajah flying squad sambil berpatroli di Taman Nasional Tesso Nilo, memandikan dan memberi makan gajah flying squad dan anak-anaknya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika anda berkesempatan melihat keberadaan gajah liar, maka pengalaman berkunjung ke kawasan ini menjadi lebih menantang.
Berjalan menyelusuri trek pariwisata di Taman Nasional Tesso Nilo disela-sela pepohonan dan belukar sambil melacak tanda-tanda keberadaan satwa liar adalah kegiatan lain yang dapat dinikmati. Menemukan jejak harimau Sumatera, tapir, beruang madu, rusa dan satwa dilindungi lainnya merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Perjalanan menuju Tesso Nilo ditempuh dalam waktu ± 2 jam dari Pangkalan Kerinci, Ibukota Kabupaten Pelalawan.

Taman Nasional Tesso Nilo Taman Nasional Tesso Nilo Taman Nasional Tesso Nilo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar