Wisata di Kecamatan Bandar Seikijang


Kecamatan Bandar Seikijang merupakan kecamatan yang relatif baru dimekarkan dan berdekatan dengan Kecamatan Pangkalan Kerinci serta berbatasan dengan Kota Pekanbaru. Belum banyak objek wisata potensial di daerah ini, namun prosesi seni budaya tradisional masih banyak yang dilakukan disini. Potensi objek wisata yang baru dan mulai berkembang adalah Kolam Pemandian Putri Melayu yang terletak tak jauh dari Jalan Lintas Timur sebelum simpang ke Kantor Camat bandar Seikijang.

Kolam Pemandian Putri Melayu
Konon sejarahnya, Kolam Pemandian Putri Melayu ini dahulunya merupakan pemandian bagi putri-putri keturunan Batin Kerinci. Dimana pada masa itu, pemandian untuk anak-anak dara dan putri dikhususkan di suatu tempat yang tertentu dan tidakboleh bercampur dengan pemandian masyarakat awam apalagi pemandian untuk kaum laki-laki.
Pada saat ini, kawasan pemandian tersebut sudah mulai ramai dikunjungi oleh pendatang dari Pekanbaru dan masyarakat yang berdekatan dengan lokasi ini. Dan pada saat memasuki bulan ramadhan, lokasi ini dipusatkan untuk pelaksanaan acara balimau dan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang menghadiri dan melaksanakan acara mandi balimau.
Selain itu, kegiatan lain yang sudah ramai lakukan di lokasi ini adalah kegiatan memancing. Dengan membayar sebesar Rp 35.000,- kepada pengelola objek wisata ini yang merupakan masyarakat adat setempat, kita dapat memancing dengan sepuasnya di lokasi ini dengan membawa hasil tangkapan yang kita dapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar