Makam Raja-raja Pelalawan

Terdapat tiga komplek makam raja dan keluarganya disekitar wilayah/pusat pemerintahan Kerajaan Pelalawan (Istana Sayap) yaitu:
1.      Makam Jauh
Makam Jauh
Makam Jauh bertempat di bekas pusat pemerintahan yang dahulunya disebut Kota Jauh. Lokasinya memang jauh ke hulu  ke hulu Sungai Rasau. Dikarenakan jaraknya jauh dari pusat kerajaan maka disebut makam jauh. Pada komplek pemakaman raja ini terdapat kurang lebih 35 buah makam kerabat dan keluarga sultan Pelalawan.  Disini dimakamkan Raja Pelalawan Pertama yang berketurunan Arab yaitu Syarif Abdul Rahman Fachruddin (1811-1822 M). Selain itu terdapat pula makam Syekh Mustafa Al-Qolidy (Ulama Besar Kerajaan Pelalawan) yang berasal dari Sungai Tabir Jambi, dan keluarga kerajaan/kerabat Sultan lainnya.

2.      Makam Dekat
Makam Dekat
Makam Dekat bertempat di bekas pusat pemerintahan yang dahulunya disebut Kota Dekat agak ke hilir Sungai Rasau. Dalam komplek pemakaman ini terdapat kurang lebih 40 buah makam, namun nam-nama kerabat sultan yang dimakamkan dalam komplek ini tidak diketahui dengan pasti karena tidak tertulis pada batu nisannya. Makam yang dikethaui adalah makam Raja Pelalawan yaitu Syarif Abu Bakar dan kerabat raja yakni:
·         T.S. Sagaf bin T. Jang (Kadhi Pelalawan, wafat 1962)
·         T. Nihim bin T. Andin (wafat 1956)
·         T. Fatimah bin T. Buntal
·         T. S. Abu Bakar bin T. S. Kelana (wafat 1950)
·         T. S. Alwi bin T. Buntal
·         T. S. Abdul Kadir

3.      Makam Mesjid Hibbah
Makam ini bertempat di belakang Mesjid Hibbah tidak jauh dari Istana Sayap, disini di makamkan Raja Pelalawan Sultan Syarif Hasim II, Tengku Said Haroen (Raja Pelalawan Terakhir) dan keluarga kerajaan/kerabat Sultan.
Makam Masjid Hibbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar